30 January 2020

Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan PKL Tahun 2019-2020

 

 

Hari / Tanggal : Rabu / 18 Desember 2019

Pukul              : 13.00-14.00 WIB

Tempat            : Ruang Rapat FTI

Beberapa poin yang disampaikan kepada mahasiswa terkait pelaksanaan PKL adalah :

  1. Tata cara pelaksanaan PKL di tempatPKL
  2. Mahasiswa PKL WAJIB melaksanakan bimbingan PKL dalam empat tahap yaitu:
    1. Pertemuan awal (sosialisasi) hari ini WAJIB dihadiri dan dianggap sebagai 1 kali bimbingan
    2. Mahasiswa WAJIB melaksanakan bimbingan dengan dosen pembimbing minimal 1kali

sebelum berangkat ke tempat PKL

  1. Mahasiswa WAJIB melakukan bimbingan selama pelaksanaan PKL dengan dosen pembimbing minimal 2 kali melalui email atau wa (screen shot bimbingan dilampirkan sebagai persyaratan mendaftar seminarPKL)
  2. Mahasiswa melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing setelah pelaksanaan PKL di tempat PKL selesai minimal 4 kalibimbingan
  3. Seminar PKL akan dilaksanakan pada masa pelaksanaan UTS semester Genap2019/2020
  4. Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti ketentuan yang telah disampaikan maka pelaksanaan PKL HARUS DIULANG tahunberikutnya

 

Padang, 18 Desember 2019 Kaprodi Sistem Komputer

ttd

Rahmi Eka Putri, MT

11 October 2019

Mahasiswa sistem komputer angkatan 2016 Muhammad Abdul Hadi , mengikuti program student mobility ke Universitas Ibaraki Jepang. Program student mobility ini dilaksanakan selama 1 bulan dimana mahasiswa dapat berinteraksi dan menjalin kolaborasi dengan Universitas lain di luar negeri yang telah berkerjasama dengan Universitas Andalas. Muhammad Hadi melaksanakan program mobility ini dibawah bimbingan Prof, Masahiro Umehira dari lab Wireless Network . Salah satu tujuan dari program student mobility ini adalah meningkatkan alumni Universitas Andalas untuk dapat melanjutkan studinya di luar negeri. Riset kolaborasi yang dilakukan oleh Muhammad Hadi dengan topik "Machine Learning Pada System Komunikasi Wireless OFDM".

WhatsApp_Image_2019-10-08_at_11.48.39.jpeg

WhatsApp_Image_2019-10-08_at_11.48.39.jpeg

05 September 2019

PENGUMUMAN JADWAL PENDAFTARAN TUGAS AKHIR (TA)

SEMESTER GANJIL 2019-2020

Diberikan kepada seluruh mahasiswa/i Jurusan Sistem Komputer yang telah mengambil SKS Seminar Proposal TA (2 SKS) pada semester ini dan atau pengajuan pendaftaran TA ulang, untuk dapat segera mendaftarkan topik Tugas Akhir (TA) ke jurusan (Form Pendaftaran Tugas Akhir (TA) terlampir) pada jadwal berikut :

Periode Pendaftaran TA : 2 September 2019 – 13 September 2019

*untuk mahasiswa yang ikut dalam penelitian dosen, diharapkan segera menemui dosen ybs untuk membicarakan terkait pendaftaran Tugas Akhir (TA).

                                                                                                            Padang, 2 September 2019

TTD

                                                                                                            Ketua Program Studi

Catt: 
Download form pendaftaran TA

14 August 2019

Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi Turut Memberikan Materi dalam Rangkaian Acara Pembukaan BAKTI FTI Unand 2019

 bakti 1

Ketua Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas saat menyampaikan materi (Foto oleh : Gizan Guswan)

Biner Bimbingan Akademik Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah Fakultas Teknologi Informasi Universistas Andalas (BAKTI FTI Unand) merupakan suatu kegiatan rutin tahunan untuk memperkenalkan lingkungan dan kegiatan (akademik maupun non-akademik) di lingkungan FTI Unand. Mahasiswa baru FTI 2019 kali ini menjadi peserta sekaligus akademisi yang disambut dalam rangkaian acara pembukaan BAKTI FTI 2019 pada Kamis, 8 Agustus 2019. Rangkaian acara pembukaan juga melibatkan masing-masing jurusan (Sistem Informasi dan Sistem Komputer) untuk menyampaikan informasi, panduan, serta motivasi dalam lingkup akademik jurusan.

Ketua jurusan(Kajur) yakni Ratna Aisuwarya, M.Eng. serta Ketua program studi(Kaprodi) yakni Dody Ichwana Putra, M.T. memberikan materi kepada Mahasiswa Baru Jurusan Sistem Komputer Angkatan 2019 di ruangan Seminar Gedung E Universitas Andalas. Penyampaian materi ini dihadiri oleh dosen-dosen jurusan Sistem Komputer, dan dosen diperkenalkan oleh Kajur sebelum materi disampaikan lebih lanjut.

Ketua Jurusan menyampaikan beberapa informasi umum seperti sejarah, visi dan misi, struktur organisasi, serta dosen jurusan Sistem Komputer. Tidak hanya sekedar itu, Beliau juga menyampaikan tentang fasilitas kampus (gedung kuliah, pusat kegiatan, perpustakaan, ruang dosen, dan laboratorium) serta motivasi  kepada mahasiswa baru jurusan Sistem Komputer angkatan 2019. Informasi keadaan jurusan yang sedang hangat-hangat nya (yakni perubahan nama Jurusan menjadi Teknik Komputer) juga disampaikan dalam sesi ini. Kemudian materi tentang akademik dan kurikulum disampaikan lebih lanjut oleh Dody Ichwana Putra, M.T.

bakti 2               Ketua Program Studi Sistem Komputer FTI Unand saat menyampaikan materi tentang akademik jurusan (Foto oleh : Gizan Guswan)

Mahasiswa Baru menunjukkan antusias pada sesi tanya jawab. Salah satu mahasiswa yang bertanya yaitu Zaki. Mahasiswa ini bertanya tentang robotik, dan kemudian dijawab oleh Kaprodi tentang fasilitas jurusan yaitu Laboratorium Robotic and Embedded System bisa menjadi bantuan untuk mahasiswa belajar tentang robotik.

Menurut Dr. Eng. Rian Ferdian, M.T. (selaku Sekretaris Jurusan Sistem Komputer atau disingkat Sekjur) ketika diwawancarai pada Senin, 12 Agustus 2019 di Ruang Administrasi Jurusan Sistem Komputer, sosialisasi jurusan dalam rangkaian acara BAKTI FTI tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan informasi pertama mereka(mahasiswa baru) dapatkan dari BAKTI. Informasi lain nya, pihak dosen ingin mengoptimalkan website untuk pembelajaran, informasi beasiswa, dan informasi student mobility.

Mahasiswa baru sekarang cukup bersemangat karena mereka mayoritas hadir dan datang pagi. “Alhamdulillah, mayoritas hadir dan tidak terlambat, semoga dipertahankan dalam proses perkuliahan,”kata Sekjur.

Penulis             : Razzaq Ardana

Editor              : Nur Afni Sari Nazara

08 July 2019

Diberitahukan kepada mahasiswa yang ingin mendaftar seminar bersama Wisuda III tahun 2019, untuk dapat mengikuti jadwal dibawah ini :

JADWAL SEMINAR BERSAMA W III 2019 page 0001

27 May 2019

Dosen Sistem Komputer Derisma MT ditunjuk sebagai perwakilan jurusan Sistem Komputer mengikuti Training of Trainer (TOT) untuk program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS). Jurusan Sistem Komputer UNAND sendiri akan menjadi tuan rumah untuk pelatihan "artificial inteligence" (AI).  Workshop II DTS itu, diikuti oleh perwakilan 100 orang dari 20 Mitra Universitas Negeri dan 11 Mitra Universitas Swasta di Indonesia yang bekerja sama dengan AWS dan Cisco. Penyelanggaraan workshp itu merupakan rangkaian persiaan Pogram DTS 2019 yang akan dibuka pendaftarannya pada tanggal 20 April 2019 hingga 19 Mei 2019.

WhatsApp_Image_2019-05-27_at_06.40.52.jpeg

 

Pendaftaran aplikasi DTS telah dibuka untuk gelombang II dibuka dari 20 Mei sampai 20 Juni 2019. Peserta DTS akan mendapatkan pelatihan secara gratis selama 2 bulan, gratis mengikuti ujian sertifikasi AWS, dan mendapatkan insentif Rp 750.000 setiap bulannya. 

WhatsApp_Image_2019-05-20_at_11.54.57.jpeg

26 May 2019

Dosen Jurusan Sistem Komputer, Tati Erlina, M.IT mempresentasikan karya ilmiahnya yang berjudul "An Efficient Time-based Stochastic Computing Circuitry Employing Neuron-MOS" di ACM GLSVLSI 2019 di Wahington DC, Amerika Serikat.  Pertemuan ilmiah ini adalah agenda tahunan asosiasi ACM yang merupakan salah satu asosiasi bidang teknik komputer internasional yang sering menjadi rujukan perusahaan dan universitas bidang ilmu dan teknik komputer.

 

60260595 10219620492603434 2039658713077252096 n

Paper yang dipresentasikan ini menyajikan teknik baru dalam perancangan hardware untuk komputasi stokatis yang berbasiskan waktu. Prosesor yang dirancang berbasiskan neuron-MOS yang merupakan transistor jenis baru yang memiliki sifat menyerupai fungis neuron pada otak manusia. Untuk melihat paper ini dapat diunduh pada link berikut : https://dl.acm.org/citation.cfm?id=3317985

26 May 2019

Journal of Information Technology and Commputer Engineering (JITCE) yang telah memasuki volume ke 3 pada tahun 2019 baru-baru ini telah terindeks pada directory of open access journal (DOAJ). DOAJ adalah website direktori internasional yang memuat semua jurnal open access. DOAJ sendiri termasuk website pengindeks jurnal internasional tingkat menengah. Dengan adanya indeks dari DOAJ ini diharapkan akan meningkatkan peminat peneliti dari berbagai tempat untuk mensubmit karya ilmiahnya di JITCE.

Group 2

 

Disamping DOAJ sendiri JITCE terlah terindeks pada google scholar dan portal garuda. JITCE adalah jurnal yang terbit berkala 2 tahun sekali pada Maret dan September. Topik yang dilingkup oleh JITCE adalah 

Internet of Things

Smart Systems Innovation 

Embedded System 

Signal Processing

VLSI System

Mobile Computing

Wireless Communication

Multimedia System 

Robotics

26 April 2019

 Berikut Peta Mutu Audit Mutu Internal Tahun 2018 dan 2017 Jurusan Sistem Komputer :AMI 2018

AMI 2017

08 April 2019

Diberitahukan kepada mahasiswa yang sudah mendaftar seminar hasil bersama wisuda II tahun 2019 untuk dapat mengikuti jadwal dibawah ini :

JADWAL SEMINAR HASIL 2019

Page 1 of 4

Other Link

fti

 

sk 

Contact us

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Alamat 

Jurusan Sistem Komputer

Fakultas Teknologi Informasi

Universitas Andalas

Limau Manis, Padang